Film Korea dengan Kisah Yang Menyedihkan dan Mengharukan Part I

Berbicara mengenai film? Film seperti apakah yang kalian sukai? Sad ending or happy ending? Tapi kali ini sad ending sekaligus happy ending akan menguras air mata penonton. Makanya, postingan saya kali ini memang benar-benar cengeng. Entah kenapa, dunia perfilman korea selalu mempunyai banyak ide untuk membuat para penontonnya menguras emosi. Sebelum kalian membaca postingan ini, sebaiknya jangan sediakan tisu hanya sebox tapi lebih, kalo gag ada tisu toilet pun jadi.

5. My Mom

Film ini mengisahkah kasih sayang seorang ibu kepada anak perempuannya bernama Ji Suk. Ji Suk dilahirkan dari seorang ibu sederhana dan memiliki seorang ayah yang berprofesi sebagai supir bus. Walaupun Ji Suk memiliki adik laki-laki tetapi kasih sayang ibunya lebih besar kepada Ji Suk. Mereka tinggal disebuah desa kecil dan Ji Suk pun berhasil menyelesaikan sekolahnya dan melanjutkan pendidikannya di Seoul, keberhasilan Ji Suk ini atas kerja keras dan dukungan dari ibunya. Kasih sayang ibunya pun terbawa-bawa sampai Ji Suk berumah tangga. Namun suatu ketika, Ji Suk pun pulang ke kampung untuk menjenguk ibunya. Dari kunjungan Ji Suk ini ada sesuatu yang tak beres hingga ibunya merasa aneh, apakah yang terjadi kepada Ji Suk?

Berikut isi surat ibu jisuk untuk jisuk saat meninggalkan desa:

Anakku Jisuk......
Ada begitu banyak yang ingin Ibu katakan,
tapi Ibu tidak tahu bagaimana memulainya.
Ibu tidak bisa menjagamu dengan baik
 tapi Ibu sangat bangga padamu.

Kamu telah pergi ke Seoul, Ibu sangat khawatir.
Apa kamu makan dengan baik?
Apa kamu akan sakit?
Ibu percaya padamu
jadi Ibu harus membiarkan pergi sekarang.

Mungkin tidak banyak,
tapi Ibu menabungnya untukmu.
Jika Ibu harus membeli tauge 20 sen,
Ibu hanya membeli senilai 10 sen.
Saat Ibu harus membeli tahu,
Ibu hanya membeli setengah blok.

Maafkan Ibu tidak memberi lebih banyak.
Ibu sedih anak peerempuan Ibu harus pergi.
Maafkan Ibu.




Comment:
Pertama kali nonton film ini saya malah menebak bahwa endingnya akan berakhir tragis dengan kematian ibunya tapi ternyata dugaan saya malah terbalik. Film ini benar-benar mengajarkan kita bahwa pengaruh Ibu itu sangat besar mulai dari kita kecil, dewasa bahkan setelah kita berumah tangga. Jadi gag ke pengen jauh-jauh sama mama. Hikzzz hikzzz... pokoknya film ini recommended bangett.

4. Harmony [2010]

Sebuah penjara wanita yang mengisahkan beberapa narapidana dengan berbagai macam kasus kriminal seperti Kim Moon Ok menerima hukuman penjara akibat menabrak suaminya dan selingkuhan suaminya hingga tewas. Ji Hwa Ja dipenjara karena berhutang pada renternir. Kang Yeon Sil dipenjara karena tak sengaja mencekik guru taekwondo nya, Kang Yu Mi membunuh ayah tiri nya ketika ia hendak diperkosa oleh ayah tirinya sedangkan Hong Jong Hye yang tengah hamil tua harus dipenjara akibat membunuh suaminya karena tak tahan harus disiksa berulang kali oleh suaminya. Mereka pun di kumpul dalam satu sel.

Jeong Hye melahirkan anak laki-lakinya dan harus membesarkan anaknya di dalam penjara bersama narapidana lainnya bahkan sipir penjara pun ikut andil dalam mengurus anak Jeong Hye. Jeong Hye mengusulkan untuk membentuk grup panduan suara dan dia berlatih keras untuk bernyanyi dengan baik sedangkan Moon Ok di tunjuk menjadi seorang konduktor. Suatu ketika insiden yang tak mengenakan terjadi, perlakuan kasar dan memalukan terhadap Grup Harmony Choir saat sebelum tampil yang dikarenakan salah satu mereka di tuduh melakukan pencurian dan di paksa harus melepaskan baju mereka saat pengeledahan.

Berikut adalah lirik lagu yang dibawakan oleh Grup Harmony Choir saat tampil dipanggung setelah mengalami insiden tersebut

Musim dingin telah berlalu dan musim semi menghilang
Musim panas akan lenyap kemudian tahun
tapi satu hal kutahu pasti kau akan kembali lagi
dan sesuai janjiku kau akan melihatku menunggu

Tuhan akan menolongmu saat
kau bingung menentukan jalanmu sendiri
Tuhan akan memberimu kekuatan
jika kau tunduk pada kuasaNya
jika saat ini kau berada di surga tunggu aku

dan ini lagu terakhir yang dibawakan para napi-napi di saat Moon ok harus berjalan menuju ruang eksekusinya (Sad banget disini sumpehhh)

mawar putih liar tumbuh bersemi di jalan ibu berangkat kerja
putiknya yang putih terasa sangat manis
ku ambil beberapa dan kumakan saaat ku lapar
kumakan sambil memangil ‘ibu, ibu’

malam semakin larut dan ibu berlari pulang
diatas kaki telanjangnya yang pucat
tiap malam aku bermimpi
mimpi indah tentang dia
tentang dia yang akan kembali pulang untukku







Comment:
Jika kalian menilai sebuah film mulai dari cover mungkin kalian tak tertarik untuk menonton film ini, karena film ini sama sekali tidak mengisahkan kisah cinta yang pedih. Selain itu, film Harmony sama sekali tidak menyajikan bagaimana penjara itu menjadi salah satu tempat yang menakutkan dan menyeramkan melainkan penjara menjadi salah satu tempat berbagi cerita mereka. Sehabis nonton film ini, saya malah merasa sesak nafas akibat menahan tangis. Pokoknya film ini patut di nonton karena akan membuka mata kita bahwa tak semua orang yang memiliki catatan kiriminal itu adalah orang jahat.

3. The Way Home

Film ini menceritakan seorang anak nakal yang bernama sang wo. Suatu hari sang wo dibawa oleh ibunya ke desa terpencil untuk tinggal bersama neneknya. Sang wo yang sudah terbiasa dengan kehidupan di kota, sama sekali tidak menghormati neneknya. Sang wo seringkali menghina neneknya yang tak bisa bicara, tuli dan lamban. Namun, neneknya yang begitu menyayangi cucunya begitu sabar dalam menghadapi kenakalan dan kekasaran sang wo. Suatu ketika sang nenek jatuh sakit akibat dari sang wo, karena rasa empati dan merasa kasihan kepada sang nenek, diapun merawat neneknya. Perlahan-lahan sang wo mulai menghormati dan menyayangi neneknya sampai sang ibu menjemput kembali sang wo untuk kembali ke kota.

Sebelum sang wo pulang ke kota esoknya, sang wo pun mengajarkan neneknya membaca dan menulis. Namun si nenek gag akan mengerti hanya dalam satu malam akhirnya sangwo pun mengambarkan sebuah gambar neneknya apakah lagi sakit atau merindukannya.










Comment:
The Way Home akan menjadi salah satu film yang dikemas dengan begitu natural, benar-benar natural. Kedua pemain di atas yang berperan sebagai nenek dan cucu seperti tak sedang berakting, mengalir seadanya. Film ini pertama kali ditawarkan oleh teman kuliah saya buat ditonton. Filmnya benar-benar menginspirasi bahwa kesederhanaan itu adalah hal yang paling manusiawi dan keluarga sekecil apapun merupakan hal yang paling penting karena setelah nonton film ini, saya malah ingin tinggal di desa seperti dalam film ini hehehehe. Pokoknya di tonton aja deh....

2. Hearty Paw

Film ini menceritakan tentang dua orang bersaudara chan yi dan seo hee yang merupakan kakak beradik yang ditinggal oleh ibunya pergi ke kota dan memulai hidupnya sendiri karena tak tahan dengan kemiskinan. Seo hee begitu sedih dan terus merengek kepada chan yi untuk bertemu ibunya. Suatu ketika chan yi pun menghadiahkan seekor anjing kecil di hari ulang tahun seo hee, hingga sedikit demi sedikit kesedihan untuk bertemu ibunya di lipur oleh anjingnya bernama maeum. Kebahagian mereka pun hancur ketika seo hee mengalami kecelakaan yang mengakibatkan seo hee meninggal. Chan yi pun menyalahkan maeum dan meninggalkan maeum saat itu. Chan yi pergi menyusul ibunya ke kota dan maeum pun masih setia mencari chan yi saat itu.


Comment:
Aku itu bukan manusiawi mungkin hewani soalnya kalo soal binatang yang tersiksa atau ditinggal aku gag sanggup nontonnya karena saya termasuk penyayang binatang. Seperti film Hachiko mampu membuat saya menangis terisak-isak demikian Hearty Paw juga. Dari awal hingga akhir film ini mampu mengaduk-aduk rambut emosi saya.  Sebenarnya aku uda gag sanggup nulis, tisu mana? Tisu mana? Yang belum tonton, ditonton aja deh.

1. Miracle in Cell No. 7

Saya yakin sudah banyak yang menonton film sedih ini, bahkan yang tak suka korea pun sudah pasti nonton. Film ini menceritakan seorang Ayah bernama Lee Yong Gu yang menderita keterbelakangan mental dan memiliki seorang anak perempuan cerdas bernama Ye-sun. Suatu ketika, Lee Yong Gu di tuduh telah melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak perempuan di bawah umur. Lee Yong Gu pun dimasukkan ke dalam sel Penjara No. 7 dan Ye sun yang cerdas selalu mengunjungi ayahnya secara diam-diam dibantu oleh narapidana lainnya.

Lee Yong Gu yang tak bersalah divonis hukuman mati dan untuk membuktikan ayahnya tak bersalah Ye Sun pun bersekolah dengan mengambil jurusan hukum dan mengangkat kembali kasus ayahnya di rana hukum.  Gimana sedih banget kan??? Bahkan aku yang lagi nulis aja sambil nangis nihhh.

Hari ulang tahun Ye Sun merupakan tanggal eksekusi mati ayahnya......

Ye Sun : Ayah... Terimah kasih telah menjadi ayahku
Dad : Terima kasih untuk menjadi putriku.
..............................................................................................................
Dad : Ye Sun bisa tanpa Ayah, kan?
Ye Sun : Ayah juga bisa sendiri kan?
Ye Sun : “Akan kudapatkan banyak nilai bagus lalu datang melihatmu.
Kalau pergi ke tempat yang lebih baik, jangan mengkhawatirkanku”
Ye Sun : Ayah! selamat natal!
(Memeluk menangis)
Dad : Kau juga ye sung. Selamat natal. Jaga diri.









si cantik Park Shin Hye sebagai Ye Sun dewasa..........


Comment:

Awal pertama nonton ini sekilas teringat dengan film movie berjudul I AM SAM tapi 100% kisahnya sangat berbeda. Selain film ini menyajikan kisah yang super sad ada scene-scene yang akan membuat anda tertawa, namun di akhir film ini emosi kita akan di aduk-aduk dan dibuat merengek seperti bayi yang lagi kehausan. Pokoknya yang gag nonton film ini rugi banget ... sumpeh rugi banget. Hahahaha.......... 


Segitu dulu postingan saya mengenai film korea dengan kisah yang menyedihkan dan mengharukan, tunggu postingan saya berikutnya. Semoga postingan dapat menginspirasi kita semua.

Share yuuuk film favorit kalian di sini???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar